Tutorial: Sejarah, Definisi, dan Perkembangan

Tutorial: Sejarah, Definisi, dan Perkembangan

sejarah-dan-definisi-tutorial
Definisi Tutorial adalah, Sejarah, Perkembangan, dan Contoh -  Di banyak negara tutorial digunakan sebagai cara untuk menyampaikan sesuatu, dan bertujuan untuk membantu, mengajarkan, memberitahu, dan mengintruksikan seseorang untuk menyelesaikan suatu perihal.


Tutorial adalah metode untuk mentransfer pengetahuan yang biasa diterapkan sebagai bagian dari proses pembelajaran.


Sistem belajar menggunakan tutorial lebih interaktif dan spesifik secara pengalaman dari pada buku atau ceramah, tutorial berusaha untuk mengajar dengan memberi contoh dan memberikan informasi menyelesaikan tugas tertentu.


Tutorial juga dapat dispesifikasikan kedalam berbagai bentuk, mulai dapat berupa intruksi untuk menyelesaikan tugas hingga sesi dalam memecahkan masalah secara interaktif (biasanya dibidang akademis).


Kelas Tutorial

Dalam akademis inggris dikatakan, tutorial adalah kelas kecil yang terdiri dari satu, atau beberapa pelajar atau siswa, dimana tutor, dosen, atau anggota staf akademik lainnya memberikan perhatian individu kepada siswa(point-by-point interactive).


Universitas Oxford dan Cambridge menggunakan sistem tutorial sebagai metode dasar pengajaran, tetapi bukan berarti sangat dikhususkan bagi mereka. Heythrop College ( Universitas London ), juga menawarkan sistem tutorial dengan pengajaran tatap muka. Jarang sekali Universitas baru di Inggris yang memiliki sumber daya untuk menawarkan biaya kuliah perorangan, kelas yang terdiri dari 6 sampai 8 (atau bahkan lebih) siswa adalah ukuran tutorial yang jauh lebih dari umum. Di Cambridge, tutorial dikenal sebagai supervisi.


Di Universitas AustraliaSelandia Baru, dan Afrika Selatankelas tutorial (dalam bahasa sehari-hari tute atau tut) adalah kelas yang terdiri dari 10 hingga 30 siswa. Tutorial semacam itu sangat mirip dengan sistem Kanada, meskipun, tutorial biasanya dipimpin oleh siswa kehormatan atau pascasarjana, yang dikenal sebagai "tutor".


Di dua Kampus St.John's College, AS dan beberapa perguruan tinggi Amerika lainnya dengan versi serupa dari program Great Books.


"Tutorial" adalah kelas yang terdiri dari 12-16 siswa yang bertemu secara teratur dengan bimbingan seorang tutor. Tutorial berfokus pada bidang subjek tertentu (mis., Tutorial matematikanTutorial Bahasa) dan umumnya dilanjutkan dengan membaca dengan cermat teks by teks utama yang dipilih dan mengerjakan latihan terkait (misalnya, mendemonstrasikan bukti Euclid atau menerjemahkan pusis Yunani Kuno). Karena kuliah formal tidak memainkan peran besar dalam kurikulum St.John's College, tutorial adalah metode utama yang digunakan untuk mempelajari mata pelajaran tertentu. Namun, di St.John tutorial dianggap tambahan untuk seminar, dimana sekelompok siswa atau mahasiswa yang sedikit lebih besar bertemu dengan dua tutor untuk diskusi yang lebih luas tentang teks tertentu dalam daftar seminar.


Beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat, seperti Williams College menawarkan tutorial yang spesifiknya hampir identik dengan tutorial Oxbridge. Di Williams, siswa dalam tutorial biasanya bekerja berpasangan bersama seorang profesor dan bertemu setiap minggu sambil secara bergantian mempresentasikan makalah posisi atau kritik dari makalah pasangan mereka.


Tutorial Konferensi

Ditawarkan sebagai layanan atau dapat disampaikan kepada anggotanya, tutorial konferensi (conference tutorial) adalah salah satu contoh kegiatan pendidikan berkelanjutan yang didukung oleh teknis dan profesional.


Private Study

Sebuah tutorial disekolah menegah yang ada di Amerika Serikat juga dapat berarti sesi untuk pekerjaan rumah atau pelajaran pribadi lainnya.


Prespektif Pendidikan

Dalam dokumentasi dan desain instruksionaltutorial adalah dokumen tingkat pengajaran yang membantu kemajuan pelajar dalam membangun keterampilan dan kepercayaan diri. Tutorial dapat berupa rekaman layar (screencast/screeshoot), dokumen tertulis (baik online atau dapat diunduh), tutorial interaktif, atau file audio, dimana seseorang akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan sesuatu.


Tutorial biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Sebuah presentasi dari pandangan biasanya menjelaskan dan menunjukkan pengguna antarmuka pengguna
  • Sebuah demonstrasi proses , menggunakan contoh untuk menunjukkan bagaimana alur kerja atau proses selesai; sering dipecah menjadi modul atau bagian terpisah.
  • Beberapa metode review yang memperkuat atau menguji pemahaman konten dalam modul atau bagian terkait.
  • Sebuah transisi ke modul tambahan atau bagian yang dibangun di atas petunjuk yang sudah disediakan. Tutorial bisa linier atau bercabang .
  • Sementara banyak penulis merujuk pada daftar instruksi atau tip belaka sebagai tutorial, penggunaan ini bisa menyesatkan.


Bimbingan Berbasis Komputer (Tutorial Komputer)

Dalam pendidikan berbasis komputer , tutorial adalah program komputer yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam mempelajari cara menggunakan bagian dari produk perangkat lunak seperti office suite atau aplikasi lain, antarmuka sistem operasi, alat pemrograman, atau video game . Ada tiga jenis tutorial perangkat lunak: 1) tutorial video yang dilihat pengguna, 2) tutorial interaktif di mana pengguna mengikuti petunjuk di layar (dan — dalam beberapa kasus — menonton film instruksi pendek), kemudian dia melakukan latihan tutorial dan menerima umpan balik tergantung pada tindakannya; dan 3) webinar tempat pengguna berpartisipasi dalam kuliah waktu nyata, bimbingan online, atau lokakarya dari jarak jauh menggunakan perangkat lunak konferensi web.

Referensi

Artikel bertopik sejarah adalah rintisan Kamu dapat membantu wikibro untuk mengembangkannya silahkan Kontak Kami